Lisna, Wensih Fantri (2021) Pengaruh Metode Role Play terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang Siswa SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_10_WENSIH_FANTRI_LISNA_17180030_5067_2021.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Pelajaran bahasa Jepang di sekolah Indonesia mempunyai keterbatasan metode pembelajaran khususnya pada kemampuan berbicara bahasa Jepang yang berdampak kurangnya minat siswa dalam berbicara bahasa Jepang. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yakni metode bermain peran (role play) untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Jepang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode role play terhadap kemampuan berbicara bahasa Jepang pada siswa kelas X IPS 4 SMAN 7 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu, dengan menggunakan posttest only control group design. Sedangkan teknik penyampelannya menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 dengan jumlah 32 siswa, 16 siswa sebagai kelas kontrol dan 16 siswa sebagai kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini yaitu hasil posttest dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh dengan taraf signifikan 0,05% adalah 2,04 dengan derajat kebebasan dk=n1+n2-2. Hal ini berarti > (2,72>2,04). Hipotesis diterima, karena > . Maka, metode role play berpengaruh terhadap kemampuan berbicara bahasa Jepang pada siswa kelas X IPS 4 SMAN 7 Padang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 00:35 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 00:35 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36305 |
Actions (login required)
View Item |