Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Metode Tracing Handwriting Without Tears untuk Anak Disgrafia Kelas II ( Single Subject Research di SDN 31 Pasir Kandang)

Mardani, Mayang Hira (2021) Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Metode Tracing Handwriting Without Tears untuk Anak Disgrafia Kelas II ( Single Subject Research di SDN 31 Pasir Kandang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MAYANG_HIRA_MARDANI_17003133_5504_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan oleh peneliti di lapangan. Dimana peneliti menemukan masalah seorang anak kelas II, saat proses pembelajaran bahasa indonesia dan guru mediktekan bacaan anak melihat-lihat teman. Dari hasil pengamatan tersebut peneliti tertarik untuk mengajarkan anak dalam meningkatkan keterampilan menulis dengan metode tracing handwriting without tears karena anak belum bisa menulis huruf dengan benar. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan subjek tunggal (SSR) dengan satu subjek yaitu AN yang duduk di kelas II di SDN 31 Pasir Kandang. Data mengenai kemampuan peserta didik diperoleh melalui observasi dan tes. Desain A-B-A digunakan untuk melihat tingkat kemampuan peserta didik dalam meningktkan keterampilan menulis dengan metode tracing handwriting without tears sebelum diberi intervensi (A1), saat diberikan intervensi (B), dan sesudah diberikan intervensi (A2). Data sebelum diberikan intervensi (A1) yang dilakukan selama lima kali pertemuan, yang mana hasil persentase jumlah yang benar di hari pertama sampai hari kelima adalah 40%,30%,20%,20%20%. Ini menjelaskan adanya penurunan kecendrungan jejak pada baseline (A1). Pada saat diberi intervensi (B) atau perlakuan pada hari ke enam sampai hari ke sebelas dalam meningkatkan keterampilan menulis hasil persentase meningkat dengan perolehan hasil: 70%,80%, 70%,90%,90%90%. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi intervensi meningkat pada kecendrungan jejak. Selanjutnya pada tahap akhir baseline (A2) pada pengamatan hari ke dua belas sampai denganhari ke enam belas perolehan hasil persentase nya adalah 90%,70%,90%,90%,90%. Pengamatandiberhentikan pada pegamatan ke enam belas karena dirasa hasil sudah stabil dan tidak ada perubahanpada baseline (A2). Dari hasil perolehan data di setiap kondisi, dapat diketahui bahwa metode tracing handwriting without tears dapat meningkatkan keterampilan meenulis bagi anak disgrafia kelas II di SDN 31 Pasir Kandang Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE TRACING HANDWRITING WITHOUT TEARS, ANAK DISGRAFIA. KETERAMPILAN MENULIS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:10
Last Modified: 18 Jan 2022 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36283

Actions (login required)

View Item View Item