Penggunaan Posisi Penjarian oleh Mahasiswa Praktik Instrumen Mayor Gitar Elektrik di Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Padang

Soleha, Besti Aulia (2021) Penggunaan Posisi Penjarian oleh Mahasiswa Praktik Instrumen Mayor Gitar Elektrik di Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_BESTI_AULIA_SOLEHA_170232001_6042_2021.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana penggunaan posisi penjarian oleh Mahasiswa Praktik Instrumen Mayor Gitar Elektrik di Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan posisi penjarian oleh Mahasiswa Praktik Instrumen Mayor Gitar Elektrik di Program Studi Pendidikan Musik UNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yang bermaksud memahami makna (data) secara mendalam. objek penelitian yaitu penggunaan posisi penjarian oleh Mahasiwa Praktik Instrumen Mayor Gitar Elektrik. Instrumen penelitian yaitu peneliti itu sendiri. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara dan study dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, pengumpulan data, reduki data, penyajian data, penarikan kesimpulan Hasil penelitian Mahasiswa Praktik Instrumen Mayor Gitar Elektrik mengaplikasikan posisi penjarian sebagai acuan dalam mengulik sebuah melodi pada lagu, dan juga sebagai acuan untuk berimprovisasi. Dengan memahami posisi penjarian mempermudah mahasiswa untuk mencari tau dimana saja letak nada-nada yang terdapat pada sebuah melodi karena ruang pergerakan nada yang ada pada senar dan fret gitar menjadi di persempit, perputaran nada-nada yang ada pada melodi lagu tersebut tersebut berada pada seputar posisi penjarian tersebut, sehingga meminimalisir kesalahan dalam bermain gitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:58
Last Modified: 18 Jan 2022 00:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36235

Actions (login required)

View Item View Item