Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas X SMK

Safitri, Yunita (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas X SMK. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_YUNITA_SAFITRI_17205051_4053_2019.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian iniberawal dari kemampuan penalaran matematis peserta didik belum optimal. Belum optimalnya kemampuan penalaran matematis tersebut disebabkan belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat mendukung peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Proses pembelajaran belum mampu membantu peserta didik untuk membangun dan mengembangkan pengetahuannya dalam menemukan sendiri prinsip/prosedur matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan proses pengembangan dan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas X SMK. Penelitianpengembanganyang dilaksanakan inimenggunakanmodel pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp initerdiri atas tigafase, yaitufaseinvestigasi awal, fasepengembanganprototype danfasepenilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD. Subjek penelitian yaitu seorang guru matematika SMK Nasional Kayutanam, tiga orang peserta didik kelas X.2jurusan Akuntansi dan Pemasaran SMK Nasional Kayutanam pada one-to-one, enam orang peserta didik kelas X.2 jurusan Akuntansi dan PemasaranSMK Nasional Kayutanam pada smallgroup, dan dua puluh peserta didik kelas X.2 jurusan Akuntansi dan Pemasaran SMK Nasional Kayutanam pada field test. Pengumpulan data dengan teknik studi dokumentasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan pengembanganyang telah dilaksanakan, diperolehperangkat pembelajaran matematikaberbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas X SMK yangvalid, praktis, danefektif. Kevalidan diketahui dari hasil penilaian validator pada lembar validasi yang menyatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah valid berdasarkan kontent, konstruk, kegrafikaan, dan bahasa. Kepraktisan diketahui dari hasil uji coba small group dan field test. Keefektivan diperoleh dari small group dan field test

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:01
Last Modified: 17 Jan 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36211

Actions (login required)

View Item View Item