Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang

Putri, Sabrina Aisyah (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_SABRINA_AISYAH_PUTRI_4184_17129264_2021.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada yakni menunjukkan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dikelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok dan inovatif untuk dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik. Hal ini mengakibatkan rendahnya proses pembelajaran peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan Model Inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang yang berjumlah 24 orang peserta didik, 17 orang peserta didik perempuan, dan 7 orang peserta didik laki-laki.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan RPP siklus I rata-rata 80,55% dengan kualifikasi B (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I rata-rata 76,52% dengan kualifikasi C (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 90,62% dengan kualifikasi SB (Sangat Baik). Pada aktivitas peserta didik siklus I rata-rata 76,52% dengan kualifikasi C (Cukup), dan meningkat pada siklus II menjadi 90,62% dengan kualifkasi SB (Sangat Baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Model Inkuiri dapat meningkatkan proses pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 53 Kampung Jambak Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:30
Last Modified: 05 Jan 2022 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36070

Actions (login required)

View Item View Item