Pengaruh Model Pembelajaran Langsung dalam Membuat Keterampilan Plastic Bottle Multipurpose Rack bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan di Kelas VII SLB Fan Redha Solok Selatan

Niati, Wilda (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Langsung dalam Membuat Keterampilan Plastic Bottle Multipurpose Rack bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan di Kelas VII SLB Fan Redha Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_WILDA_NIATI_17003077_5268_2021.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang permasalahan yang ditemui oleh peneliti di SLB Fan Redha Solok Selatan, dimana terdapat lima peserta didik tunagrahita ringan di kelas VII. Di SLB Fan Redha Solok Selatan terdapat pembelajaran keterampilan recycle atau mendaur ulang barang bekas. Keterampilan recycle yang sudah diterapkan yaitu membuat keset kaki dari kain perca, membuat gantungan kunci dari kain perca dan membuat hiasan dinding dari gelas plastik. Sehingga untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan recycle, peneliti ingin mengajarkan keterampilan membuat plastic bottle multipurpose rack. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran langsung berpengaruh dalam membuat keterampilan plastic bottle multipurpose rack bagi peserta didik anak tunagrahita ringan di kelas VII SLB Fan Redha Solok Selatan. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design pretest and posttest. Hasil pretest dan posttest yang telah diperoleh dicari perbandingan untuk menguji hipotesis penelitian. Kemudian diuji menggunakan uji analisis data uji Wilcoxon Sign Rank Test. Berdasarkan hasil analisis data uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh hasil Z hitung= -2.032b dengan probabilitas atau Asymp Sig (2-tailed) = 0.042. Dengan begitu dapat diketahui bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan membuat plastic bottle multipurpose rack bagi peserta didik tunagrahita ringan di kelas VII SLB Fan Redha Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PLASTIC BOTTLE MULTIPURPOSE RACK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:30
Last Modified: 04 Jan 2022 01:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36051

Actions (login required)

View Item View Item