Penggunaan Aplikasi Nearpod untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV SD

Minalti, Mayang Putri (2021) Penggunaan Aplikasi Nearpod untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV SD. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_MAYANG_PUTRI_MINALTI_2735_17129353_2021.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik karena guru belum mengembangkan bahan ajar dan belum menggunakan aplikasi dalam pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan guru hanya bersumber dari buku pegangan guru dan buku peserta didik. Hal tersebut berdampak pada peserta didik yang hanya menerima apa yang disampaikan guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 di Sekolah Dasar.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D. Model 4D terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh validator. Kemudian diuji cobakan di kelas IV SDN 03 Lubuak Alai untuk mengetahui praktikalitas bahan ajar yang dikembangkan.Hasil penelitian dari penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 1 pembelajaran 3, diperoleh hasil validitas materi 90%, validitas bahasa 71% dan validitas desain 77,6% dalam kategori valid. Hasil tingkat praktikalitas dinyatakan praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru dan hasil respon peserta didik. Dengan demikian, penggunaan aplikasi Nearpod dalam pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid dengan kategori baik sampai dengan sangat baik dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Aplikasi Nearpod
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Dec 2021 01:01
Last Modified: 22 Dec 2021 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35857

Actions (login required)

View Item View Item