Perbedaan Hasil Belajar Siswa Tema 4 Subtema 1 menggunakan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning dan Self Efficacy Kelas V Sekolah Dasar

Setiawan, Budi (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Tema 4 Subtema 1 menggunakan Model Project Based Learning dengan Problem Based Learning dan Self Efficacy Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_BUDI_SETIAWAN_17124011_535_2019.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa pada Tema 4 Subtema 1 menggunakan model PjBL dengan model PBL dan Self Efficacy Kelas V Sekolah Dasar Kartika 1-11 Kecamatan Padang Timur. Jenis penelitian ini menggunakan Factorial design. Teknik sampelnya yaitu probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelompok eksperimen I kelas VE menggunakan Model PjBL dan kelompok eksperimen II kelas VB menggunakan Model PBL masing-masing berjumlah 21 dan 22 siswa. Instrumen penelitiannya yaitu tes objektif dan angket Self Efficacy. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T dan Anova Dua Arah melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar dan Self Efficacy yang diujikan dan diolah menggunakan Uji T dan Anova Dua Arah. Hasil perhitungan Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model PjBL dengan model PBL diperoleh thitung > ttabel, yaitu >2,079614 pada taraf signifikansi . Selanjutnya hasil perhitungn Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang memiliki Self Efficacy Tinggi diperoleh thitung > ttabel, yaitu > 2,178813 pada taraf signifikansi . Setelah itu, hasil perhitungn Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang memiliki Self Efficacy Rendah diperoleh thitung > ttabel, yaitu > 2,262157 pada taraf signifikansi . Kemudian Interaksi antara model PjBL dengan model PBL dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Siswa diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu > 4,09 pada taraf signifikansi Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan Hasil Belajar Siswa Tema 4 Subtema 1 menggunakan model PjBL dengan model PBL dan Self Efficacy Kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:01
Last Modified: 21 Dec 2021 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35842

Actions (login required)

View Item View Item