Pengaruh Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar KPK dan FPB di kelas IV SD

Sumarsya, Cici Veronika (2021) Pengaruh Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar KPK dan FPB di kelas IV SD. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_CICI_VERONIKA_SUMARSYA_1189_16129017_2021.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar belum optimalnya penggunaan model dalam proses pembelajaran. Sehingga hasil belajar peserta didik belum optimal atau menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh cooperative learning tipe think pair share terhadap hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV SD tahun ajaran 2020/2021.Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Gugus I Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan yang telah menggunakan kurikulum 2013 yang terdiri dari 3 sekolah. Dengan teknik Cluster Random Samplingdiperoleh SDN 001 Lubuk Terap sebagai kelompok eksperimen dan SDN 006 Pompa Air sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postest hasil belajar KPK dan FPB dengan menggunakan model cooperative learning tipe think pair share pada kelompok eksperimen 78,23 dan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol 68,43. Ini berarti rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Dari hasil perhitungan t-test diperoleh thitung 10,769, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dan dk=64adalah 1,669, berarti thitung > ttabel sehingga H₁ diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh model cooperative learning tipe think pair share terhadap hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model cooperative learning tipe think pair share, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:58
Last Modified: 16 Dec 2021 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35792

Actions (login required)

View Item View Item