Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kepercayaan Diri Siswa di SMA Negeri 4 Padang

Burhan, Tantri Velina (2021) Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Kepercayaan Diri Siswa di SMA Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_05_TANTRI_VELINE_BURHAN_3990_17006182_2021.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan oleh fenomena adanya ketidakharmonisan keluarga siswa, yaitu orangtua yang sibuk bekerja, tidak terjalinnya komunikasi yang efektif, dan tidak memiliki waktu untuk berkumpul bersama. Salah satu dampak dari ketidakharmonisan keluarga adalah siswa menjadi tidak percaya diri. Setiap siswa diharapkan mampu percaya akan kemampuan dirinya sendiri. Namun, pada kenyataannya tidak semua siswa dapat berkembang dengan baik dan memiliki kepercayaaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keharmonisan keluarga siswa di SMA Negeri 4 Padang, (2) kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 4 Padang, dan (3) menguji hubungan antara keharmonisan keluarga dengan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 4 Padang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 203 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan pilihan jawaban skala model Likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik persentase dan hubungan kedua variabeldianalisis dengan teknik Pearson Product Moment Correlation.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keharmonisan keluarga siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 73,86%, (2) kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 53,80%, (3) terdapat hubungan yang positif signifikan antara keharmoisan keluarga dengan kepercayaan diri siswa, dengan nilai korelasi 0,588 dengan nilai signifikan Sig. (2-failed) sebesar 0,000 dan nilai Pearson Correlation sebesar 1. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keharmonisan keluarga siswa, maka semakin tinggi kepercayaan dirisiswa.Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK untuk dapat memberikan layanan informasi, layanan konseling individual, dan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, serta dapat melakukan kolaborasi dengan orangtua siswa untuk terwujudnya keluarga yang harmonis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan Keluarga, Kepercayaan Diri
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:01
Last Modified: 14 Dec 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35742

Actions (login required)

View Item View Item