Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Example Non Example di Kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi

Dewi, Putri Safira (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Example Non Example di Kelas IV SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_PUTRI_SAFIRA_DEWI_17129394_4741_2021.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan model Kooperatif tipe Example Non Example. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua jenis pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yangberjumlah 22 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan: a) penilaian RPP pada siklus I 87,5% (baik) kemudian pada siklus II 94% (sangat baik). Penilaian aspek guru pada siklus I 84,5% (baik) kemudian pada siklus II 94% (sangat baik). Penilaian aspek peserta didik pada siklus I 84,5% (baik) kemudian pada siklus 94% (sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 73 kemudian pada siklusII 84. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 04 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:34
Last Modified: 08 Dec 2021 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35644

Actions (login required)

View Item View Item