Imelda, Oktavia (2021) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas V SD Negeri 12 Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_OKTAVIA_IMELDA_17129245_5095_2021.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran dan siswa kurang berani untuk mengemukakan idenya dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi cenderung pasif.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDNegeri 12 Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen design. Desain penelitian yang digunakanPosttes Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDNegeri 12 Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal objektif berupa pilihan ganda sebanyak 15 butir soal, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil uji hipotesis dengan uji-t bahwathitung =3,505 dan ttabel=1,686, df=38 (n1 + n2 – 2 = 20 + 20 – 2 = 38) dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian Dimana thitung>ttabel(3,505 > 1,686) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Tematik terpadusiswa di kelas V SD Negeri 12 Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar tahun ajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL TWO STAY TWO STRAY |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 01:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 01:46 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35633 |
Actions (login required)
View Item |