Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi Menggunakan Game Menggosok Gigi pada Siswa Tunagrahita Ringan Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SLB Waraqil Jannah Paninjauan

Wahyuni, Winda (2021) Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi Menggunakan Game Menggosok Gigi pada Siswa Tunagrahita Ringan Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SLB Waraqil Jannah Paninjauan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_02_WINDA_WAHYUNI_5190_17003109_2021.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana upaya meningkatkan kemampuan menggosok gigi pada peserta didik tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SLB Waraqil Jannah Paninjauan. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah di kelas IV SLB Waraqil Jannah sudah pernah belajar tentang bina diri menggosok gigi, akan tetapi terdapat peserta didik yang memiliki nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal dikarenakan mereka belum mampu melaksanakan langkah-langkah menggosok gigi.Penelitian ini akan dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,dokumentasi, dan tes perbuatan.Adapun hasil yang diperoleh peserta didik menggunakan dua siklus yaitu nilai WT pada tindakan siklus I yaitu 43 % dan pada siklus II mendapatkan nilai 70 %. Peserta didik ANS mendapatkan nilai pada siklus I yaitu 55 % dan pada siklus II mendapatkan nilai 75 %. Peserta didik NBL memperoleh nilai pada siklus I yaitu 70 %, dan pada pelaksanaan siklus II mendapatkan nilai 80 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan; Media Game Menggosok Gigi; Tunagrahita
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:19
Last Modified: 06 Dec 2021 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35571

Actions (login required)

View Item View Item