Fitri, Lailatul (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 07 Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_LAILATUL_FITRI_17129344_4849_2021.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penilitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 28 orangterdiridari 16 orang laki-lakidan 12 orang perempuan. HasilpersentasepengamatanRPP pada siklus I 83,34% dengankualifikasibaik mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 94,4% kualifikasi sangat baik. Hasilpersentasepengamatanpada aktivitas gurusiklus I 82,81% kualifikasi baik mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 93,75% kualifikasi sangat baik. Hasilpersentasepengamatanpadaaktivitas peserta didik siklus I 82,81% kualifikasi baik mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 93,75% kategori sangat baik.Hasilbelajar peserta didik pada siklus I memperolehpersentaseketuntasan 53% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase92%. Dapat disimpulkan bahwa model Dicovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL DISCOVERY LEARNING |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 02:18 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 02:18 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35558 |
Actions (login required)
View Item |