Strategi Pengembangan Critical Thinking, Creativity, Collaboration dan Communication bagi Mahasiswa sebagai Calon Guru Ekonomi di Era 4.0

Yulhendri, Yulhendri and Sofya, Rani (2021) Strategi Pengembangan Critical Thinking, Creativity, Collaboration dan Communication bagi Mahasiswa sebagai Calon Guru Ekonomi di Era 4.0. Project Report. Pendidikan Ekonomi FE UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
DOKUMENTASI_PENELITIAN_Dr_YULHENDRI_1.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa sebagai calon karyawan atau pelaku usaha di era ekonomi global memerlukan keterampilan khusus untuk bisa berhasil menyelesaikan pendidikannya, memasuki dunia kerja yang memiliki tingkat persaingan yang ketat, serta tantangan karir di dunia kerja yang sangat kuat. Keterampilan khusus yang perlu dimiliki tersebut ialah kemampuan 4Cs (Creativity, critical thinking, communication, collaboration). Dunia pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dan kemampuan 4Cs (Creativity, critical thinking, communication, collaboration) tersebut. Kebiasaan berpikir seperti 4CS ini lebih menentukan keberhasilan seorang peserta didik untuk bisa sukses dalam pendidikan, karir dan kehidupannya dibandingkan kemampuan penguasaan kontennya. Mahasiswa sebagai calon karyawan atau pelaku usaha di era ekonomi global memerlukan keterampilan khusus untuk bisa berhasil memasuki dunia kerja yang memiliki tingkat persaingan yang ketat, serta tantangan karir di dunia kerja yang sangat kuat. Keterampilan khusus yang perlu dimiliki ialah kemampuan 4Cs (Creativity, critical thinking, communication, collaboration). Dunia pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dan kemampuan 4Cs (Creativity, critical thinking, communication, collaboration) tersebut. Tuntutan tumbuhnya keterampilan 4CS dalam diri peserta didik harus diperoleh melalui pengalaman belajar yang dilaksanakan di kelas. Perguruan Tinggi perlu mengimplementasikan strategi baru yang mendukung pembelajaran yang mempersiapkan mahasiswa menjadi warga negara dan pekerja global. Selama ini kegiatan pembelajaran pada bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran (learning outcomes) dan masih rendah sentuhan untuk mencapai kemampuan softskills 4Cs (Creativity, critical thinking, communication, collaboration). Maka penelitian ini akan mencoba mengkaji, dan menerapkan strategi yang cocok untuk meningkatkan kemampuan 4Cs tersebut dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengalaman belajar mahasiswa yang mendorong tumbuhnya 4Cs, mengidentifikasi Aktivitas dosen yang mendorong tumbuhnya 4Cs, mengidentifikasi pengaruh penerapan suatu strategi dengan langkah pembelajaran tertentu terhadap tumbuhnya 4Cs, mengidentifikasi apakah terdapat interaksi antara prestasi belajar dengan metode pembelajaran. Penelitian ini sangat penting untuk dilakukan agar diperoleh strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan Creativity, critical thinking, communication, collaboration (4Cs) pada mahasiswa Fakultas Universitas Negeri Padang sebagai calon guru ekonomi di era 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan tahapan sebagai berikut: 1)Analisis Kemampuan Awal 4CS Mahasiswa, 2)Design Pembelajaran Project Based Learning, 3)Konstruksi Perangkat Pembelajaran 4)Validasi dan 5)Implementasi. Luaran yang diharapkan dihasilkan dari penelitian ini adalah prosiding internasional terindeks PICEEBA 8th, dan International Jurnal European Journal of Educational Research (Q3), Buku Ajar Strategi Pembelajaran, dan HKI artikel. Penelitian ini sejalan dengan RIP UNP yaitu Model Pembelajaran Era Revolusi 4.0. Khususnya terkait Model Pembelajaran HOTS (higher Order Thinking Skills). Creativity, critical thinking, communication, collaboration (4Cs) ini merupakan bagian dari Higher Order Thinking Skills. Pada penelitian ini mendesain dan menerapkan metode Project Based Learning untuk meningkatkan Creativity, critical thinking, communication, collaboration (4Cs) pada mahasiswa Fakultas Universitas Negeri Padang sebagai calon guru ekonomi di era 4.0. Pada tahun 1 (2020) Peneliti telah menyelesaikan tahapan 1 sampai 4, dan telah dihasilkan perangkat perkuliahan yang tervalidasi oleh ahli, Sintak pembelajaran yang meningkatkan kemampuan 4CS mahasiswa dan disajikan pada buku Model Project Based Learning yang juga telah divalidasi oleh ahli. Luaran lainnya yang juga telah dihasilkan yaitu Artikel yang diterbitkan pada Prosiding Seminar Internasional terindeks dengan judul Analysis and Development of Learning Plans Using Project Based Learning Model In Fostering 4CS Skills of Economic Education Students. Pada tahun kedua (Tahun 2021) peneliti telah melaksanakan keseluruhan tahapan penelitian yaitu tahap implementasi eksperimen dengan metode Project Based Learning. Setelah implementasi ini maka kegiatan berikutnya ialah melakukan evaluasi apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan Langkah pembelajaran yang disusun mampu meningkatkan kemampuan 4CS mahasiswa. Penelitian ini berada pada Tingkat Kesiapan Teknologi level 6 dimana dilakukan demontrasi model atau prototype system/ subsystem dalam suatu lingkungan yang relevan. Pada Tahun 2 ini akan diimplementasikan desain yang telah dihasilkan pada tahun 1.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 01 Dec 2021 08:01
Last Modified: 13 Dec 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35504

Actions (login required)

View Item View Item