Nilai-nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di SMA

Pratama, Raga Suganda (2021) Nilai-nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RAGA_SUGANDA_PRATAMA_17016167_4383_2021.pdf

Download (693kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan nilai- nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono. Kedua, mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran teks novel di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu membaca dan memahami novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono secara keselumhan, kemudian mencatat data yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa pada novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono bempa satuan peristiwa dari perilaku tokoh. Teknik penganalisisan data penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa pada novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono yang terlihat dalam satuan peristiwa tokoh, mengklasifikasikan, menganalisis data, menginterpretasikan, dan menyusun laporan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sebanyak enam puluh tiga nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa, yaitu sepuluh nilai religius, lima nilai jujur, empat nilai toleransi, satu nilai disiplin, tiga nilai kerja keras, satu nilai kreatif, satu nilai mandiri, satu nilai demokratis, tiga nilai rasa ingin tahu, satu nilai cinta tanah air, sebelas nilai bersahabat/komunikatif, empat nilai cinta damai, empat nilai gemar membaca, dua belas nilai peduli sosial, dan dua nilai tanggung jawab. Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dominan dalam novel Segi Tiga karya Sapardi Djoko Damono yaitu nilai religius dan nilai peduli sosial. Nilai religius sebanyak sepuluh data dan nilai peduli sosial sebanyak dua belas data. Kemudian, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan pembelajaran lainnya baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:29
Last Modified: 08 Nov 2021 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35181

Actions (login required)

View Item View Item