Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan

Rahmi, Nadya Fadhila (2021) Pengaruh Metode SQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NADYA_FADHILA_RAHMI_17016156_2486_2021.pdf

Download (763kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan sebelum menggunakan metode SQ4R. Kedua, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan Setelah menggunakan metode SQ4R. Ketiga, menjelaskan pengaruh metode SQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan eksperimen. Rancangan yang digunakan yaitu one group pretest­ posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri atas 6 kelas, dengan jumlah 202 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik pirposive sampling berdasarkan rekomendasi dari guru bahasa Indonesia dan standar deviasi dari enam kelas tersebut. Data dalam penelitian ini adalah skor dari hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan sebelim dan setelah menggunakan metode SQ4R. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes objektif keterampilan membaca pemahaman teks cerita inspiratif Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks cerita inspiratif sebelum menggunakan metode SQ4R siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan rata-rata 48,72. Kedua, keterampilan membaca pemahaman setelah menggunakan metode SQ4R siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan rata-rata 92,31. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n- 1) karena thitung>ttabel yaitu (4,85> 1,68). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Berdasarkan penjelasan tersebut, diketahui bahwa terdapat pengaruh metode SQ4R yang signifikan terhadap kterampilan membaca pemahaman teks cerita inspiratif siswa kelas IX MTsN 4 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:46
Last Modified: 27 Oct 2021 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34937

Actions (login required)

View Item View Item