Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Brainstorming di Kelas V SD Negeri 02 Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping

Murni, Nur Devita (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Brainstorming di Kelas V SD Negeri 02 Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NUR_DEVITA_MURNI_17129387_2967_2021.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kondisi ini disebakan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran ditemukan tidak adanya kesesuaian antara kompetensi dasar dengan indikator pembelajaran dan masih banyaknya siswa yang kurang aktif dalam mengemukakan pendapatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Brainstorming di kelas V SD Negeri 02 Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 02 Jambak dengan jumlah 20 orang siswa dan teknik pengumpulan data berupa observasi,tes dan non tes., Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 82% (baik), dan siklus II 94% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 84% (baik), dan siklus II 92% (sangat baik), sedangkan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 80% (baik), dan siklus II 92% (sangat baik), c) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 78(cukup)dan siklus II dengan rata-rata 89(baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Oct 2021 03:39
Last Modified: 27 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34909

Actions (login required)

View Item View Item