Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di Kelas V SD Negeri 21 Koto Tuo Kabupaten Agam

Winata, Hafiz Puja (2021) Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di Kelas V SD Negeri 21 Koto Tuo Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_HAFIZ_PUJA_WINATA_17129214_3215_2021.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 21 Koto Tuo Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan penerapan model Example Non Example di kelas V SD Negeri 21 Koto Tuo Kabupaten Agam. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 21 Koto Tuo Kabupaten Agam dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta siswa di kelas V. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi empat tahap prosedur penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata – rata 81,81% (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 95,4% (A). Pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas guru siklus I diperoleh rata – rata yaitu 79,15% (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44% (A). Aktifitas siswa pada siklus I diperoleh rata – rata yaitu 79,15% (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 94.44% (A). Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata – rata 74,75 (C) dan pada siklus II meningkat menjadi 87,12 (B). Dengan demikian model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 21 Koto Tuo Kabupaten Agam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:43
Last Modified: 25 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34832

Actions (login required)

View Item View Item