Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus.

Nasrul, Reyka (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_REYKA_NASRUL_16029125_203_2021.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi aturan sinus dan cosinus untuk peserta didik kelas X SMA dengan menerapkan pembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted individualization. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted individualization yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal (Preliminary Research), fase pengembangan (Development or Prhotyping Phase), dan fase penilaian (Assesment Phase). Fase investigasi awal terdiri dari analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Fase pengembangan merupakan tahap untuk merancang perangkat pembelajaran yang terdiri dari prototype 1, dan prototype 2. Pada prototype 1 dilakukan self evaluation dan expert reviews. Expert reviews dilakukan untuk melihat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Pada prototype 2 dilakukan uji coba satu-satu (One-to-one Evaluation) dengan mengujicobakan LKPD yang sudah divalidasi kepada tiga orang peserta didik dengan kemampuan kognitif heterogen. Tahap terakhir yaitu fase penilaiaan untuk melihat kepraktisan LKPD melalui hasil angket praktikalitas terhadap respon pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis model kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada materi aturan sinus dan cosinus dari segi kelayakan isi, model kooperatif tipe Team Assisted Individualization, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan mempunyai tingkat valditas 83,66% dengan kategori sangat valid. LKPD juga memenuhi kriteria praktis dari hasil angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 88,88%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis model kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada materi aturan sinus dan cosinus untuk peserta didik kelas X SMA dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Oct 2021 08:20
Last Modified: 15 Oct 2021 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34767

Actions (login required)

View Item View Item