Isolasi Cendawan Pelarut Fosfat dari Rhizosfer Tumbuhan Bakau Minyak (Rhizophora apiculata) di Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Rahmadini, Delva (2021) Isolasi Cendawan Pelarut Fosfat dari Rhizosfer Tumbuhan Bakau Minyak (Rhizophora apiculata) di Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_DELVA_RAHMADINI_17032134_3281_2021.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat cendawan dari rhizosfer R. apiculata dan mengetahui kemampuan isolat cendawan dalam melarutkan fosfat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2021 sampai Agustus 2021. Sampel rhizosfer R. apiculata diambil sebanyak 100 g di dua titik sampai kedalaman 15 cm. Morfolgi cendawan secara makroskopis dan mikroskopis diamati menggunakan mikroskop. Medium yang digunakan untuk menguji kemampuan isolat cendawan adalah medium Pikovskaya dengan sumber fosfat terikat berupa Ca3(PO4)2. Adanya aktivitas pelarut fosfat ditandai dengan terbentukmya zona bening di sekitar koloni pada medium Pikovskaya. Enam isolat cendawan dari rhizosfer R. apiculata berhasil diisolasi. Morfologi makroskopis cendawan yang di dapat bervariasi, sebagian miselium tumbuh dengan cepat serta warna koloni bervariasi mulai dari putih dan merah muda. Secara mikroskopis umumnya cendawan memiliki hifa besekat dan sebagian tidak menghasilkn spora. Hasil pengujian aktivitas pelarut fosfat menjukan bahwa tidak ada satu pun isolat yang mampu membentuk zona bening di medium Pikovskaya. Oleh Karena itu dapat disimpulkan bahwa telah berhasil diisolasi enam isolat cendawan dari rhizosfer R. apiculata dengan mofologi yang berbeda, namun tidak ada melarutkan fofat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Oct 2021 08:19
Last Modified: 15 Oct 2021 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34757

Actions (login required)

View Item View Item