Penerapan Media Pembelajaran Trainer Relay pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Otomotif FT UNP.

Prajha, Reyka Muhda (2021) Penerapan Media Pembelajaran Trainer Relay pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Otomotif FT UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_REYKA_MUHDA_PRAJHA_ 1302739_781_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Kerucut Edger Dale menejelaskan penyerapan pengetahuan yang paling besar di dapat dari kategori Doing (Perbuatan dan Perlakuan), dalam kategori Doing terdapat pembagiannya diantaranya Doing The Real Thing adalah pengetahuan langsung merupakan pengalaman yang diperoleh peserta didik sebagai hasil dari aktivitas sendiri. Dari penjelasan kerucut Edger Dale peneliti mencoba melakukan penerapan media trainer dalam proses pembelajaran Listrik dan Elektronikan.Media pembelajaran berupatrainer komponen elektronika sangat berguna untuk mengetahui fungsi,prinsipkerjadanaplikasidariimasing-masing komponen elektronika.Media pembelajaran ini sangat membantu mahasiswa dalam mendalamikarakteristikkomponen elektronika, sehingga relevanantara pembelajaran teori dengan pratikum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah listrik dan elektronika teknik ototmotif UNP dengan melakukan penerapan media pembelajaran trainer Relay. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pengamatan, pelaksanaan tindakan, refleksi. Sebelum melaksanakan siklus I terdapat pre-tes yang berguna untuk mengetahui kemampuan dasar dari mahasiswa. Subjek penelitian ialah mahasiswa yang mengambil mata kuliah listrik dan eleketronika pada semester 2018/2019. Instrumen penelitian ini ialah lemabar penilian hasil belajar. Hasil dari pengamatan kegiatan mahasiswa pada siklus I menunjukkan : 1. Mahasiswa yang aktif menjawab soal pada bahan ajar rata- rata 55,8 % (cukup), 2. Mahasiswa yang aktif mengajukan pertanyaan rata-rata 43% (cukup), 3. Mahasiswa yang aktif menjawab pertanyaan rata-rata 53,9% (cukup), 4.Mahasiswa yang aktif mengemukakan pendapat 40,3% (cukup), 5. Membuat kesimpulan rata-rata 39% (rendah). Adapun hasil dari siklus II sebagai berikut : 1. Mahasiswa yang aktif menjawab soal bahan ajar rata-rata 73% (tinggi), 2. Mahasiswa yang aktif mengajukan pertanyaan rata-rata 56,3 % (cukup), 3. Mahasiswa yang aktif menjawab pertanyaan rata-rata 72,3%(tinggi), 4. Mahasiswa yang aktif mengemukakan pendapat 55,6 % (cukup), 5. Membuat kesimpulan rata-rata 57,6 % (cukup). Secara keseluruhan pada Siklus I dan II terjadi peningkatan aktivitas mahasiswa. Pada saat pretest mahasiswa yang mendaptkan nila di atas 70 berjumlah 9 orang dengan persntase 17,4 %, selanjutnya pada siklus I jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai diatas 70 meningkat menjadi 17 orang dengan persentase 32,7%, selanjutanya pada siklus II juga mengalami penigkatan jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai diatas 70 naik menjadi 41 orang dengan persentase 78,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:16
Last Modified: 14 Oct 2021 04:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34631

Actions (login required)

View Item View Item