Analisis Hubungan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA SMAN di Kota Padang

Andima, Rika (2021) Analisis Hubungan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA SMAN di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RIKA_ANDIMA_19177042_4562_2021.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Pencapaian tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang tepat dengan memperhatikan kecerdasan majemuk dan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar. Guru perlu melakukan pengukuran terhadap hubungan antara masing-masing kecerdasan majemuk dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara masing-masing kecerdasan majemuk dan keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas X MIPA SMAN di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian yang telah dilakukan pada peserta didik kelas X SMAN di Kota Padang TP. 2020/2021. Teknik pengambilan sampel secara bertingkat yaitu menggunakan Purposive Sampling dan Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket kecerdasan majemuk, soal uraian, dan soal pilihan ganda. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman Rank dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Masing-masing kecerdasan majemuk memiliki hubungan yang berarti dengan hasil belajar peserta didik, kecuali pada tiga jenis kecerdasan yaitu kecerdasan spasial visual, kecerdasan kinestetik jasmani, dan kecerdasan intrapersonal. (2) Keterampilan berpikir kritis memiliki hubungan yang berarti dengan hasil belajar peserta didik. (3) Masing-masing kecerdasan majemuk dan keterampilan berpikir kritis memiliki hubungan yang berarti dengan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:34
Last Modified: 12 Oct 2021 08:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34570

Actions (login required)

View Item View Item