Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus SMAN Agam Cendekia)

Yandrizal, Yandrizal (2021) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus SMAN Agam Cendekia). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YANDRIZAL_15147026_3065_2021.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi keterampilan kepala sekolah meningkat mutu sekolah melalui keterampilan konseptual, keterampilan manusiawi dan keterampilan teknik telah dilaksanakan di sekolah mampu menciptakan prestasi akademik dan mutu pendidikan yang unggul serta memiliki strategi berbeda dengan sekolah lain yang berada di Kabupaten Agam dengan program kurikulum berbasis agama terapan dalam pembinaan menjadi Mubaligh, Khatib, Tahfiz, Al�Qur’an, Muazin dan Imam, menggunakan sistem Boarding School (Asrama) dengan kedisiplinan ketat serta Gaya pendidikan semi militer dalam pembinaan kedisiplinan siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk untuk mengungkapkan, menganalisis dan membahas tentang bagaimana implementasi keterampilan konseptual (Conceptual Skills), keterampilan hubungan manusiawi (Human Skills) dan keterampilan teknik (Technical Skills) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMAN Agam Cendekia Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan ditentukan dengan menggunakan Purposive Sampling (memilih dengan sengaja) yaitu menentukan informan dengan pertimbangan tertentu dapat memberikan data yang maksimal mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan (studi kasus SMAN Agam cendekia) seperti kepala sekolah, waka bagian kurikulum, sarana dan prasarana, bagian kesiswaan dan para siswa. Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa (1) Implementasi keterampilan konseptual (Conceptual Skills) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan ditunjukkan melalui menyampaikan gagasan, berfikir logis dan sistematis serta memanfaatkan dan menciptakan peluang, (2) Implementasi keterampilan manusiawi (Human Skills) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan ditunjukkan melalui hubungan komunikasi yang baik, memberikan motivasi dan mendengar pendapat orang lain, (3) Implementasi keterampilan teknik (Technical Skills) kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan ditunjukkan melalui keterampilan mengelola administrasi, pengembangan kurikulum dan supervisi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:21
Last Modified: 12 Oct 2021 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34476

Actions (login required)

View Item View Item