Pemanfaatan Media Geschool dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 16 Padang

Vela, Fira Dwi (2021) Pemanfaatan Media Geschool dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FIRA_DWI_VELA_17016018_4004_2021.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pertama, pemanfaatan media Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid- 19 di SMP Negeri 16 Padang. Kedua, apa saja kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan media Geschool di SMP Negeri 16 Padang. Ketiga, bagaimana tindak lanjut yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pemanfaatan media Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menyertakan data kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata berdasarkan data di lapangan terkait bagaimana pemanfaatan media Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: pemanfaatan media Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 16 Padang dapat dilihat dari proses dan hasil belajar. Pada proses belajar peserta didik memberikan dampak yang sangat signifikan, dapat dilihat dari peserta didik dapat memproduksi sebuah teks. Hasil belajar peserta didik belum belum memberikan dampak yang sangat signifikan. Kendala pemanfaatan media Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19 dirasakan oleh guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik, seperti menurunnya motivasi belajar dan peserta didik kurang memahami cara penggunaan media Geschool. Solusi untuk mengatasi kendala dalam pemanfaatan media Geschool dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid- 19, seperti menurunnya motivasi belajar dapat diatasi dengan pemberian pembelajaran yang bervariatif. Bagi peserta didik yang kurang memahami penggunaan media Geschool, maka dilakukan tindak lanjut dengan memberikan pembekalan kepada peserta didik bagaimana cara mengakses media Geschool. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media Geschool dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 16 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:47
Last Modified: 08 Oct 2021 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34398

Actions (login required)

View Item View Item