Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Padang Sidimpuan

Efendi, Fitri Mala (2021) Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Padang Sidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FITRI_MALA_EFENDI_16061011_2206_2021.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya pemanfaatan teknologi yang berkembang saat ini terhadap proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari penggunaan model blended learning terhadap hasil belajar Aplikasi Perangkat Lunak siswa SMK Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Tempat penelitian ini dilakukan dSMKNegeri 2 Padangsidimpuan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa DPIB 1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa DPIB 3 sebagai kelompok kontrol. Perlakuan diberikan pada kelompok eksperimen dengan modelblended learning, sedangkan pada kelompok kontrol pembelajarandilakukan dengan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan denganpretestuntukmengukur pengetahuan awal siswakemudian diberikan posttest untuk mengukur pengetahuan siswa setelahdiberi perlakuan.Teknik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan teknik analisis deskriptif meliputi: modus,median, mean, varians, dan standar deviasi. Kemudian dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, serta untuk uji hipotesis digunakan dengan uji t-test. Hasil yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis didapatkan thitung 3,923 > ttabeldengan taraf signifikansi 5% = 2,045, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model blended learning dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dikelas XI DPIB SMKNegeri 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:45
Last Modified: 08 Oct 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34391

Actions (login required)

View Item View Item