Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan di SMK N 2 Solok.

Saputra, Eko Kurnia (2021) Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan di SMK N 2 Solok. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_EKO_KURNIA_SAPUTRA_16067042_657_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Masa wabah Virus Covid 19 ini kebanyakan sekolah menerapkan sistem online pada kegiatan pembelajaran. Sekolah SMK N 2 Solok menggunakan aplikasi Rumah Belajar sebagai media pembelajaran online.Tapi masih banyak terdapat beberapa kelemahan pada fitur-fitur yang ada didalam aplikasi tersebut. Siswa Kelas X merupakan siswa yang paling butuh mendapatkan motivasi dan arahan pada kegiatan pembelajaran di jenjang SMK. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan penggunaan aplikasi rumah belajar terhadap Motivasi belajar siswa Kelas X pada mata pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan di SMK N 2 Solok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional yaitu mengetahui hubungan antara dua variabel berbeda. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020 pada siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan di SMKN 2 Solok dengan total sebanyak 76 siswa. Teknik sampling yang dipakai adalah random sampling sejumlah 64 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 64 siswa maka didapat nilai korelasi (r) atau r hitung sebesar 0.178 < 0.246 r tabel. Bisa disimpulkan dari hasil ini bahwa tidak ada hubungan penggunaan aplikasi rumah belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Gambar Teknik jurusan Teknik Pemesinan di SMK N 2 Solok. Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui seberapa efektif aplikasi rumah belajar ini sebagai media pembelajaran online bagi siswa SMK terutama pada mata Pelajaran Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:07
Last Modified: 06 Oct 2021 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34358

Actions (login required)

View Item View Item