Internalisasi Nilai Karakter Jujur dan Disiplin dengan Menggunakan Media Lagu Anak-Anak di MIN 3 Solok Selatan

Putri, Novi Eka (2021) Internalisasi Nilai Karakter Jujur dan Disiplin dengan Menggunakan Media Lagu Anak-Anak di MIN 3 Solok Selatan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NOVI_EKA_PUTRI_18124077_3913_2021.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memilih, mengungkap, dan mengklasifikasikan lagu anak-anak yang mengandung nilai karakter jujur dan disiplin tingkat SD/MI, dan mendeskripsikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam menggunakan me�dia lagu anak-anak yang mengandung nilai karakter jujur dan disiplin serta menemukan bagaimana internalisasi nilai karakter jujur dan disiplin tersebut secara empiris di MIN 3 Solok Selatan untuk membangun karakter peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan dua tahapan, yakni yang pertama tahapan analisis konten untuk mengungkap lagu anak-anak yang mengandung nilai karakter jujur dan disiplin yang mendasari pengimplementasian nilai- nilai tersebut bagi peserta didik di MIN 3 Solok Selatan. Penelitian dilakukan di MIN 3 Solok Selatan dengan subjek penelitan kepala sekolah, guru-guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berperan serta, wawancara, dokumen�tasi, dan catatan lapangan, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten secara sederhana tentang makna yang terkandung dalam lirik lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu anak-anak yang bisa digunakan se�bagai media dalam membangun karakter jujur dan disiplin ada 12 lagu. Lima lagu yang mengandung nilai karakter jujur yaitu: ( 1) Topi Saya Bundar, (2) Jadi Anak Jujur, (3) Jujur Itu Indah, (4) Jangan Suka Bohong, dan (5) Peramah dan sopan. Sedangkan lagu yang mengandung nilai karakter disiplin yaitu: ( 1) Bangun Tidur, (2) Duduk Yang Ma�nis, (3) Seragamku, (4) Disiplin, (5) Keranjang sampah, (6) Gelang sipaku gelang, dan (7) 1234. Formulasi internalisasi nilai karakter jujur dan disiplin diupayakan oleh kepala sekolah, guru-guru, tenaga administrasi, dan orang tua melalui pemantauan, kepada peserta didik. Internalisasi nilai karakter jujur dan disiplin di MIN 3 Solok Selatan dilakukan dengan mengikuti berbagai proses yaitu: (1) mendesain program sekolah da�lam pembangunan karakter, (2) identifikasi lagu anak-anak yang memiliki kandungan nilai karakter jujur dan disiplin, (3) merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (4) melaksanakan proses menanamkan nilai karakter jujur dan disiplin, (5) so�sialisasi mengenalkan dan membantu peserta didik dalam memahami dan mamaknai nilai yang terkandung dalam lagu anak-anak, (6) keteladanan (modelling) memberikan contoh teladan kepada peserta didik, dan (7) habituasi (proses pembiasaan secara sa�dar, terus-menerus, dan berkelanjutan dalam mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik hingga menjadi kebiasaan. Proses lain yang dilakukan agar peserta didik mempertahankan karakternya yaitu dengan memberikan punishmen bagi yang melanggar dan memberikan reward bagi yang telah melaksanakan dengan baik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:44
Last Modified: 04 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34267

Actions (login required)

View Item View Item