Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengintegrasikan Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Proses Pembelajaran Sosiologi di SMAN 9 Padang

Masrizal, Masrizal (2021) Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengintegrasikan Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Proses Pembelajaran Sosiologi di SMAN 9 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_MASRIZAL_18161049_3367_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan yang dimiliki guru untuk membimbing atau mendidik peserta didik sehingga diharapkan, selain memiliki pengetahuan dan ketrampilan, juga memiliki sikap sebagai warga negara yang baik pula. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengintegrasikan Alqur’an kedalam pembelajaran termasuk untuk mata pelajaran sosiologi. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untu menganalisis apa saja nilai-nilai Alqur’an yang diintegrasikan kemateri pembelajaran sosiologi, Bagaimana pengintegrasian ayat-ayat Al-Qur’an oleh guru sosiologi pada silabus, Bagaimana pengintegrasian ayat-ayat Al-Qur’an oleh guru sosiologi pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Bagaimana implementasi pengintegrasian ayat-ayat Alqur’an oleh guru pada pembelajaran sosiologi di SMAN 9 padang. Untuk mendapatkan data guna menjawab permaslahan penelitian, metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Tekhnik mengumpulkan data yang dilakukan adalah melalui wawancara dan dokumentasi serta observasi. Informan penelitian dilakukan secara purposive sampling. Selanjutnya, guna menjamin keabsahan data penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi data yaitu trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisa data menggunakan model Interactive Analysis Miles dan Huberman. Analisis penelitian menggunakan teori struktural fungsional dan gestallt Max Wertheimer. Setelah penelitian dilakukan, maka hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa (1) Nilai-nilai Alqur’an yang diintegrasikan pada pembelajaran sosiologi di SMAN 9 Padang sangat variatif sekali yang mencakup kehidupan manusia secara indiviual, hubungan manusia dengan tuhan, kehidupan manusia dalam bermasyarakat dan hubungan manusia dengan alam. (2) Pengintegrasian ayat-ayat Alqur’an dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 9 Padang dimulai dari pembuatan silabus yaitu dengan menambahkan kolom integrasi Aqur’an dan kemudian menuliskan Ayat-ayat Al-Qur’an yang akan digunakan untuk mendampingi KD itu. (3) Guru sosiologi SMAN 9 Padang telah menuliskan ayat-ayat Al-Qur’an yang diintegrasikan pada RPP pada bagian pendahuluan dan kegiatan inti, namun Ayat-ayat Alqur,an yang di tuliskan tersebut kadang kala berbeda dengan yang ada disilabus. (4) Guru SMAN 9 Padang belum dapat mengimplementasikan pengintegrasian aya-ayat Alqur’an pada pembelajaran dengan baik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Oct 2021 00:32
Last Modified: 01 Oct 2021 00:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34231

Actions (login required)

View Item View Item