Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Audio Berbasis Cerita Rakyat Minangkabau terhadap Kemampuan Berbicara Anak di TK Kartika 1-7 Padang

Mahyurianti, Mahyurianti (2021) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Audio Berbasis Cerita Rakyat Minangkabau terhadap Kemampuan Berbicara Anak di TK Kartika 1-7 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MAHYURIANTI_17330027_1426_2021.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media audio visual dan audio berbasis cerita rakyat Minangkabau untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak di TK Kartika 1-7 Padang. Jenis penelitian ini yang ditetapkan adalah mixed methodes dengan model concurrent embedded strategy (campuran tidak berimbang) yaitu suatu desain yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Adapun variabel bebasnya adalah audio Visual dan Audio terhadap variabel terikat nya adalah kemampuan berbicara anak. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Dilakukan uji persyaratan analisis hipotesis yaitu menguji normalitas data. Setelah memenuhi persyaratan maka dilakukan uji hipotesis untuk melihat pengaruh hubungan variabel penggunaan media audio visual (X1) dan media audio (X2) terhadap kemampuan berbicara. Berdasarkan hasil yang diperoleh pengaruh media audio visual berbasis cerita rakyat Minangkabau mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Kartika 1-7 Padang proses yang baik dapat meningkatkan kemampuan anak untuk bereksplorasi, berbicara dengan menggambarkan cerita secara keseluruhan. Berdasarkan data yang di peroleh pengaruh media audio memberikan kontribusi dan dampak positif dalam peningkatan perkembangan kemampuan verbal atau berbicara anak. Terlihat dari peningkatan skor rata-rata peserta didik dibandingkan menggunakan media yang lain. Berdasarkan hasil media audio visual dan audio terhadap kemampuan berbicara. Secara umum menggunakan media audio visual lebih unggul dibandingkan media audio.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:06
Last Modified: 30 Sep 2021 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34229

Actions (login required)

View Item View Item