Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal melalui Metode Fernald pada Anak Disleksia.

Ukhti, Aprila (2022) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal melalui Metode Fernald pada Anak Disleksia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_APRILA_UKHTI_18003003_2194_2022.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SD Negeri 30 Kubu Dalam Parak Karakah, seorang anak disleksia berinisial A belum mampu mengenali huruf vokal. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal dengan benar dan melihat apakah metode fernald ini dapat memberikan dampak positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. penilaian dalam penelitian ini konsisten dan mengukur jumlah huruf vokal yang benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak disleksia berinisial A dalam mengenal huruf vokal meningkat, awalnya pada kondisi baseline awal yang dilakukan sebanyak empat pertemuan anak hanya mampu menyebutkan dua huruf yaitu a, i dengan benar. Dan pada kondisi intervensi yang diamati selama tujuh pertemuan kemampuan anak semakin meningkat anak mampu mengenal huruf vokal (a, i, u, o) dengan benar. Dan pada baseline akhir kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal tetap baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode fernald dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak disleksia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HURUF VOKAL, DISLEKSIA, METODE FERNALD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:26
Last Modified: 15 Jun 2022 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34129

Actions (login required)

View Item View Item