Pengembangan Media Compact Disk (CD) Pembelajaran Berhitung usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Padang

Norita, Efi (2021) Pengembangan Media Compact Disk (CD) Pembelajaran Berhitung usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EFI_NORITA_17330013_1429_2021.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan oleh peneliti di lapangan media yang di gunakan guru dalam meningkatkan kemampuan berhitung kurang efektif. guru kurang mengikuti perkembangan IPTEK dalam pengembangan media pembelajaran. Terbiasanya anak-anak sekarang melihat televisi atau multimedia yang membuat anak menjadi termotivasi dalam belajar. Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran keterampilan berhitung pada anak usia dini masih jarang dijumpai. Kemampuan berhitung dapat ditingkatkan melalui pengembangan pengembangan media Compact Disk (CD) Pembelajaran Berhitung yang digunakan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa media Compact Disk (CD) Pembelajaran Berhitung untuk meningkatkan keterampilan berhitung dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen validitas, praktikalitas dan efektivitas. Analisis data menggunakan skala likert dengan melihat analisis validitas, praktikalitas dan efektivitas. Ujicoba terbatas dilakukan di TK Negeri Pembina Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media Compact Disk (CD) Pembelajaran Berhitung dengan rata-rata 67% kategori sangat valid, dilihat dari hasil rata-rata praktikalis respon guru- guru 80% berada pada kategori sangat praktis, adapun hasil dari uji efektifitasdengan persentase 84% kategori sangat efektif. media Compact Disk (CD) Pembelajaran Berhitung sudah memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan keterampilan berhitung pada anak usia dini khususnya pada usia 4-5 tahun

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2021 06:44
Last Modified: 24 Sep 2021 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34065

Actions (login required)

View Item View Item