Analisis Hasil Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Sari, Dewi Nilam (2021) Analisis Hasil Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DEWI_NILAM_SARI_18330006_1916_2021.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Guru dalam lembaga pendidikan memiliki peran mengajar dan mendidik anak dengan menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak sehingga anak memperoleh pembelajaran dan pengalaman yang berharga. Guru PAUD yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik harus mempunyai kompetensi dan kualifikasi sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Pada kenyataannya sebagian besar guru yaitu 74,32% yang mengajar di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini belum memenuhi standar atau belum mempunyai kompetensi sebagai guru. Ketidaksesuaian jumlah guru dengan guru yang dibutuhkan di PAUD memaksa pihak lembaga tetap menjadikan guru yang belum berkompeten menjadi pendidik di PAUD. Akibat dari keputusan tersebut akan berpengaruh pada proses pembelajaran dan perkembangan anak yang tidak sesuai sehingga akan berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran, penggunaan metode dan perancangan pembelajaran yang tidak sesuai dan lain�lain. Oleh karena itu dibutuhkan usaha seperti pengadaan kegiatan Diklat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil diklat, analisis hasil diklat, perbedaan kompetensi guru yang sudah dengan yang belum mengikuti diklat berjenjang tingkat dasar dalam untuk meningkatkan kompetensi guru pendidikan anak usia dini di Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok dan dampak diklat tersebut terhadap perkembangan anak yang diajar oleh guru yang sudah mengikuti diklat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Dalam penelitian deskriptif data yang disimpulkan berbentuk kata-kata, menggambarkan apa adanya tanpa memberikan perlakuan dan juga tidak berbentuk angka. Hasil penelitian pelaksanaan Diklat pada jenjang dasar dapat meningkatkan seluruh kompetensi guru namun belum secara mendalam, karena diklat dasar sebagai tahapan awal yang harus dipelajari peserta Diklat. kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogic, social, profesional dan kepribadian akan dikuasai peserta dengan mengikuti Diklat sampai akhir yaitu diklat dasar, lanjutan dan mahir. Oleh karena itu, diharapkan peserta mengikuti Diklat dengan sungguh-sungguh dan berkelanjutan sampai tingkat mahir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:57
Last Modified: 24 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34040

Actions (login required)

View Item View Item