Management Pengendalian Kualitas Batubara Berdasarkan Parameter Kualitas Batubara Mulai dari Front Sampai Ke Stockpile di PT. Budi Gema Gempita, Merapi Timur, Lahat, Sumatera Selatan

Yenni, Fitri Rahma (2021) Management Pengendalian Kualitas Batubara Berdasarkan Parameter Kualitas Batubara Mulai dari Front Sampai Ke Stockpile di PT. Budi Gema Gempita, Merapi Timur, Lahat, Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_FITRI_RAHMA_YENNI_19137077_390_2021.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

PT. Budi Gema Gempita (PT. BGG) merupakan salah satu perusahan yang bergerak di bidang pertambangan batubara dengan sistem penambangan yang diterapkan adalah sistem tambang terbuka.Batubara yang diproduksi oleh PT. BGG terdiri atas berbagai jenis yang di kelompokkan berdasarkan nilai kalorinya.Untuk menjaga kualitas batubara perusahaan harus mempunyai team Management Pengendalian Kualitas Batubara Berdasarkan Parameter Kualitas Batubara yaitu serangkaian kegiatan dalam pengendalian mutu batubara, karena dalam prosesnya terjadi penurunan kualitas batubara yaitu pada saat batubara ditambang (coal getting), kemudian penumpukan batubara dari front sampai ke Stockpile area. Parameter yang digunakan untuk menjaga kualitas batubara baik itu di pit maupun di stockpile yaitu total moisture (%),volatille matter, kalori, ash content (%),), total sulphur (%). Setelah dilakukan sampling didapatkan hasilnya Kualitas batubara pada front penambangan memiliki nilai (ARB) total moisture sebesar 29,84%, nilai inherent moisture sebesar (-)%, nilai kandungan abu (ash) sebesar 2,42%, nilai volatile matter sebesar 32,56%, nilai fixed carbon sebesar 35,18%, nilai total sulfur sebesar 0,27% dan nilai kalori sebesar 4846 Kcal/kg, sedangkan kualitas batubara di stockpile ARB memiliki nilai total moisture sebesar 30,01%, nilai inherent moisture sebesar (-)%, nilai kandungan abu (ash) 2,65%, nilai volatile matter 33,30%, nilai fixed carbon sebesar 32,16%, nilai total sulphur sebesar 0,30% dan nilai kalori sebesar 4866 Kcal/kg. Semakin tinggi nilai fixed carbon, maka nilai kalori akan semakin tinggi. Semakin rendah nilai fixed carbon, maka kandungan abu (ash), kandungan moisture dan kandungan sulfur akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:56
Last Modified: 24 Sep 2021 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34032

Actions (login required)

View Item View Item