Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA.

Anjelina, Yola (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YOLA_ANJELINA_17035122_2051_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 mengubah model pembelajaran, menyebabkan pembalajaran harus dilaksanakan secara online dan tatap muka. Flipped classroom yang dikombinasikan dengan model pembelajran inkuiri terbimbing merupakan salah satu cara untuk membantu siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji validitas dan praktikalitas dari model pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi Ikatan Kimia kelas X SMA. Jenis Penelitian ini adalah Educational Design Reseach. Model Pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp, yang terdiri dari Preliminary Research, Prototyping Stage dan Assesement Phase. Dan pada setiap tahapan dilakukan evaluasi formatif dan dilakukan revisi, hingga menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis. Uji coba dilakukan terhadap siswa kelas X SMAN 8 Padang. Hasil validitas yang didapatkan adalah 0,86 dengan kategori kevalidan tinggi dan nilai untuk kepraktisan 82,17 dengan kategori praktis. Hasil menunjukan model pembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbibing valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Sep 2021 06:46
Last Modified: 22 Sep 2021 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33978

Actions (login required)

View Item View Item