Pengembangan E-Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA.

Wildayati, Wildayati (2021) Pengembangan E-Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WILDAYATI_16035050_2495_2021.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari e-modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis guided discovery learning untuk kelas X SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development(R&D) dengan model pengembangan Plomp. Uji validitas e-modul dilakukan oleh empatorang dosen jurusan kimia FMIPA UNP serta tiga orang guru kimia. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia dan 32 orang siswa kelas XI SMAN 7 Padang tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian yang digunakan angket validitas dan praktikalitas. Hasil validitas dianalisis menggunakan content validity ratio (CVR) dan hasil praktikalitas menggunakanformula Aikens’V. Dari penelitian didapatkan hasil nilai rata-rata CVR validitas konten e-modul sebesar 0,95 (valid), validitas konstruk 0,82 (valid), praktikalitas e-modul pada guru 0,89 (praktis) dan praktikalitas pada siswa 0,82 (praktis). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e-modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis guided disscovery learning untuk kelas X SMA/ MA yang dikembangkan telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:42
Last Modified: 22 Sep 2021 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item View Item