Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Dan Pendekatan Flipped Classroom Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Untuk Siswa Kelas XII SMA/MA.

Waer, Wilda Putri (2021) Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Dan Pendekatan Flipped Classroom Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Untuk Siswa Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WILDA_PUTRI_WAER_17035118_2602_2021.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Mewabahnya virus Covid-19,yang ditetapkan oleh WHO sebagai pandemi global pada awal Maret 2020, menyebabkan terjadinya perubahan yang signifikan terhadap banyak aspek di dunia, termasuk Indonesia, diantaranya dalam aspek pendidikan. Pemerintah mengambil kebijakan pembelajaran beralih dari sistem luring ke sistem online (daring). Untuk menghadapi perubahan itu, maka guru sebagai salah satu komponen dalam pendidikan, perlu mempersiapkan bahan ajar agar bisa digunakan dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengungkap tingkat validitas dan kepraktisan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan flipped classroom pada materi sifat koligatif larutan yang dikembangkan untuk pembelajaran di sekolah menengah atas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Researchand and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia Universitas Negeri Padang, guru kimia SMAN 8 Padang, dan siswa kelas XIIIPA SMAN 8 Padang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, dan lembar kepraktisan.Validasidilakukanoleh2dosenkimia,1gurukimiadansatubanding satu oleh 3 siswa. Uji kepraktisan dilakukan terhadap 15 siswa kelas XII IPA SMAN 8 Padang. Data validitas yang diperoleh sebesar 0,81 pada kategori valid dan uji kepraktisan dengan nilai 87 pada kategori kepraktisan sangat tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model ini valid danpraktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:42
Last Modified: 22 Sep 2021 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33941

Actions (login required)

View Item View Item