Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing dan Prompting untuk Kelas X SMA/MA.

Yona, Putri (2021) Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing dan Prompting untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_PUTRI_YONA_16035072_957_2021.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Modul kimia berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing dan prompting berisi serangkaian pertanyaan yang dapat mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa modul berbasis pendekatan saintifik menerapkan teknik probing-prompting pada materi konsep mol untuk pembelajaran kimia SMA kelas X serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul yang diciptakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research dan Development(R&D) dan pengembangan menggunakan model Plomp dengan tiga tahapan yaitu tahap penelitian awal, tahap pembentukan konsep dan tahap penilaian. Dalam penelitian ini, uji validitas modul dilakukan oleh lima orang validator yang terdiri dari dua orang dosen kimia dan tiga orang guru kimia. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru kimia dan 18 orang peserta didik SMA Negeri 2 Batusangkar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan angket praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Teknik analisa data pada validitas menggunakan skala Aiken’s V sebesar 0,83 dengan kategori valid. Teknik analisa data pada praktikalitas menggunakan statistic descriptive pada tahap uji coba kelompok kecil diperoleh nilai kepraktisan sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan angket respon peserta didik dan guru dihasilkan nilai kepraktisan masing-masing sebesar 90% dan 88% dengan kategori sangat praktis. Modul yang dihasilkan berbasis pendekatan saintifik dilengkapi pertanyaan probing-promptinguntuk pembelajaran kimia SMA kelas X disimpulkan sudah praktis serta valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:20
Last Modified: 16 Sep 2021 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33770

Actions (login required)

View Item View Item