Analisis Self-Efficacy Peserta Didik Dalam Pembelajaran Biologi Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X MAS PPM Diniyyah Pasia.

Khair, Nadia El (2021) Analisis Self-Efficacy Peserta Didik Dalam Pembelajaran Biologi Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas X MAS PPM Diniyyah Pasia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_NADIA_EL_KHAIR_17031167_2110_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Self-efficacy adalah keyakinan peserta didik terhadap potensi yang dimiliki dalam mengatur, menghadapi masalah serta menyelesaikan tugas yang diberikan. Terdapat 3 jenis dimensi self-efficacy yaitu level (tingkat kesulitan), strength (kekuatan), dan generality (keluasan). Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru Biologi kelas X MAS PPM Diniyyah Pasia, yaitu kompetensi pembelajaran belum tercapai dengan baik, motivasi peserta didik untuk mengikuti pelajaran umum sangat rendah, seperti pada mata pelajaran biologi. Jika diberikan tugas, peserta didik akan bermalas-malasan untuk mengerjakannya dikarenakan sering kelelahan dengan banyaknya kegiatan ektrakurikuler dan ditambah lagi dengan situasi pandemi Covid-19 yang tidak menentusaat ini juga mempengaruhi aspek psikologis peserta didik dalam pembelajaran salah satunya yaitu self-efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self-efficacy dengan hasil belajar biologi peserta didik di kelas X MAS PPM Diniyyah Pasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Populasi dan Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA dan IPS dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik saturation sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian, nilai korelasi (rxy)antara self-efficacy dengan hasil belajar peserta didik kelas X MAS PPM Diniyyah Pasia sebesar 0,233 atau hanya memiliki nilai sumbangan (r2) sebesar 5,43%.Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara self-efficacydengan hasil belajar biologi peserta didik yang menempuh pendidikan di pesantren sangat rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Sep 2021 06:31
Last Modified: 15 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33752

Actions (login required)

View Item View Item