Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Topik Himpunan Kelas VII SMP/MTs.

Hamdayani, Kurnia Sri (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Topik Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KURNIA_SRI_HAMDAYANI_16029016_2253_2021.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP dan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan topik himpunan kelas VII SMP/MTs. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kualitas kelayakan RPP dan LKPD yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan/pembuatan prototipe dan tahap penilaian. Pada bagian dari investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik sehingga diperoleh karakteristik bentuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Sehinga pada tahap pengembangan/ pembuatan prototype dilakukan dengan pembuatan rancangan Prototipe perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis PBL untuk materi himpunan. Proses dari prototipe tersebut harus melalui evaluasi formatif berupa evaluasi sendiri dan evaluasi pakar untuk memperoleh prototype yang valid. Pada tahap bagian akhir yaitu berdasarkan dari penilaian, penilaian ini bertujuan untuk menentukan kriteria kepraktisan dari prototype LKPD yang dilakukan setelah dilaksanakannya evaluasi perorangan. Hasil penelitian menunjukan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria baik dengan rata-rata total penilaian validator adalah 3,23 dan LKPD memenuhi memenuhi kriteria praktis dengan skor 3,1. sehingga produk yang dihasilkan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:44
Last Modified: 13 Sep 2021 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33666

Actions (login required)

View Item View Item