Komunitas Peduli Lingkungan dalam Melestarikan Lingkungan Aliran Sungai Batang Kuranji di Kelurahan Kalumbuk (Studi Pada Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk Kota Padang)

Mutia, Ulfa (2020) Komunitas Peduli Lingkungan dalam Melestarikan Lingkungan Aliran Sungai Batang Kuranji di Kelurahan Kalumbuk (Studi Pada Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk Kota Padang). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_ULFA_MUTIA_1217_15052023_2020.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk, kendala-kendala dan upayanya dalam melestarikan lingkungan Sungai Kalumbuk. Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk merupakan organisasi sosial masyarakat yang dikawasan tengah aliran sungai batang kuranji yaitu Kelurahan Kalumbuk. Komunitas ini dibentuk melalui kepedulian dan keinginan dari unsur pemuda dan tokoh masyarakat kelurahan kalumbuk untuk menjaga dan melestarikan aliran sungai yang menjadi sumber irigasi pertanian dan penyedia kebutuhan air. Lokasi penelitian di Kelurahan Kalumbuk, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian Lurah Kelurahan Kalumbuk, Kepengurusan Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk dan masyarakat yang berada sepanjang aliran Sungai Batang Kuranji yang berada di Kelurahan Kalumbuk. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik Triangulasi. Analisis data menggunakan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk telah melakukan aktivitas dalam perlindungan dan pencegahan pencemaran air oleh masyarakat yang berada sepanjang aliran Sungai Batang Kuranji di Kelurahan Kalumbuk, serta pengawasan penambangan pasir (Galian C) ilegal di sepanjang aliran Sungai Batang Kuranji di Kelurahan Kalumbuk. Kendala yang dihadapi Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk ialah (1) Kurang Aktifnya Anggota Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk (2) Keterbatasan Dana (3) Partisipasi Masyarakat yang Kurang dalam Kegiatan Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk. Upaya Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk dalam melestarikan aliran Sungai Batang Kuranji di Kelurahan Kalumbuk adalah melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk sudah melakukan kegiatan melestarikan lingkungan aliran Sungai Batang Kuranji di Kelurahan Kalumbuk, tetapi pelaksanaannya belum berjalan dengan baik. Hal ini menjadi tugas Dinas terkait untuk lebih memperhatikan Komunitas Peduli Sungai Kalumbuk agar kegiatan melestarikan lingkungan aliran Sungai Batang Kuranji di Kelurahan Kalumbuk menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:20
Last Modified: 27 Aug 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33142

Actions (login required)

View Item View Item