Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Pada Terna 3 di Kelas V SDN 34 Simpang Haru

Kianto, Nofri (2020) Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Pada Terna 3 di Kelas V SDN 34 Simpang Haru. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NOFRI_KIANTO_18124034_1857_2020.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangioleh beberapa permasalahan, yaitu sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). (2) Siswa merasa bosan ketika guru melaksanakan pembelajaran. (3) Guru kurang memberikan stimulus. (4) Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi masalah atau pemyataan. ( 5) Guru kurang mengarahkan siswa dalam mengumpulkan informasi. (6) Guru kurang mengajak siswa untuk menarik kesimpulan. (7) hasil belajar siswa masih banyak dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Prosesdan Hasil Belajar Tematik Terpadu pada Tema3 di KelasV SDN 34 Simpang Haru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri atas IIIsiklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 34 Simpang Haru. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan Penggunaan Model Discovery Learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tematik terpadu pada tema 3. Hal ini dapat dilihat pada hasil rekapitulasi proses pembelajaran siswa pada siklus I 79,7% dengan kategori cukup, siklus II 90,62% dengan kategori sangat baik, dan siklus III 96,87% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan, bahwa penggunaan model Dicovery learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V SDN 34 Simpang Haru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:10
Last Modified: 04 Aug 2021 06:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32689

Actions (login required)

View Item View Item