Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang

Putra, Ikhlas Wardhana (2021) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_IKHLAS_WARDHANA_PUTRA_17129220_1797_2021.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang bahwa Guru didalam pembelajaran belum maksimal menerapkan model pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif, kurang antusias dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini secara umum ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe course review horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN10 lubuk begalung kota padang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang. Subjekpenelitianiniadalahgurudan siswakelas IVyangberjumlah30orang. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas (PTK)denganmenggunakan jenis pendekatankualitatifdankuantitatif.Dalampelaksanaanya,penelitianiniterdiri dariduasiklusyaitusiklusIduakalipertemuandansiklusIIsatukalipertemuan. Prosedur penelitiannya meliputiperencanaan,pelaksanaan,pengamatandanrefleksi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes dan non tes. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian rpp, lembar pengamatan aspek guru dan siswa, dan lembar tes evaluasi.Data yang didapatkan dalam penelitian kemudian diolahdengan menggunakan model analisis data kualitatif serta kuantitatif. Perolehan hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa : (1) RPP mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik (B) menjadi 97,5% sangat baik (A) pada siklus ke-II. (2) Pelaksanaan pembelajaran melalui aspek yang terlihat pada guru mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase rata-rata 83,65% dengan kualifikasi baik(B) menjadi 96,15% sangat baik(A) pada siklus ke-II. Sedangkan aspek yang terlihat pada siswa mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase rata-rata 81,72% dengan kualifikasi baik(B) menjadi 94,23% sangat baik(A) pada siklus ke-II. Terakhir (3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yang memiliki persentase nilai 72,74% dengan kualifikasi baik(B) menjadi 89,03% sangat baik(A) pada siklus ke-II. Dengan demikian model cooperative learning tipe course review horay telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Aug 2021 07:48
Last Modified: 03 Aug 2021 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32666

Actions (login required)

View Item View Item