Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Kebugaran Jasmani Terhadap basil Belajar PJOK Peserta Didik SD Negeri 05 Serasi Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman

Jana, Mutia (2020) Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Kebugaran Jasmani Terhadap basil Belajar PJOK Peserta Didik SD Negeri 05 Serasi Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MUTIA_ JANA_18199029_2632_2020.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar Peserta didik SD N 05 Serasi Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh variabel-varibel eksogen secara langsung, secara kausal dan secara simultan terhadap variabel endogen. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD N 05 Serasi Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman yang berjumlah 257 orang yang terdiri dari 6 kelas.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 43 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan, kuesioner untuk mengukur motivasi belaj ar dan perhatian orang tua, dan tes kebugaran jasmani untuk memperoleh hasil kebugaran jasmani peserta didik, serta data primer yang digunakan untuk melihat hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: ( 1) Motivasi Belajar berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Hasil Belajar PJOK. (2) Perhatian Orang Tua berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Hasil Belajar PJOK. (3) Kebugaran Jasmani berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Hasil Belajar PJOK. (4) Motivasi Belajar berpengaruh secara tidak langsung terhadap Hasil Belajar PJOK melalui Kebugaran Jasmani. ( 5) Perhatian Orang Tua berpengaruh secara tidak langsung terhadap Hasil Belajar PJOK melalui Kebugaran Jasmani. (6) Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua dan Kebugaran Jasmani berpengaruh secara simultan terhadap Hasil Belajar PJOK .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2021 07:48
Last Modified: 03 Aug 2021 07:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32665

Actions (login required)

View Item View Item