Pengembangan Mobile Learning untuk Media Pendukung Pembelajaran Mandiri

Elmi, Hafiz (2020) Pengembangan Mobile Learning untuk Media Pendukung Pembelajaran Mandiri. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_HAFIZ_ELMI_16138139_3917_2020.pdf

Download (747kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebiasaan dikalangan pelajar dan guru dalam menggunaan smartphone dan belum mengambil peranan penting di bidang pendidikan. Karakteristik perangkat mobile ini memiliki tingkat fleksibilitas dan portabilitas yang tinggi sehingga memungkinkan siswa dapat mengakses materi, arahan dan informasi yang berkaitan dengan pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Sementara itu alokasi waktu pembelajaran pemograman dasar masih kurang cukup sehingga tidak maksimalnya pemahaman siswa terhadap materi. Materi pemrograman dasar ini membutuhkan pemahaman yang kuat sehingga dibutuhkan media pendukung pembelajaran dan bisa diulang-ulang kapanpun dan dimanapun siswa membutuhkannya. Pengembangan media pendukung Mobile Learning diharapkan bisa sebagai media pendukung pembelajaran mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Instructional Development Institute (IDI) yang meliputi tiga tahap yaitu (1) define: analisis kebutuhan, (2) develop: pengembangan produk, dan (3) evaluate: uji coba produk. Mobile Learning ini diaplikasikan pada platform android. Teknik analisa data yang digunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t untuk efektif penggunaan Mobile Learning untuk media pendukung pembelajaran mandiri. Temuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah Mobile Learning mendukung pembelajaran mandiri pemograman dasar, validitas Mobile Learning dinyatakan valid pada aspek materi dan media, Mobile Learning berdasarkan respon guru dan siswa didapatkan sangat praktis, serta Mobile Learning dinyatakan efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil temuan penelitian diatas disimpulkan bahwa Mobile Learning ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan untuk pembelajaran mandiri pada mata pelajaran pemograman dasar. Diharapkan kepada guru agar lebih inovatif dan kreatif mempergunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Aug 2021 03:15
Last Modified: 03 Aug 2021 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32639

Actions (login required)

View Item View Item