EfektivitasModel Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA SMA N 6 Padang).

Agusti, Sri Annisa (2018) EfektivitasModel Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPA SMA N 6 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_01_SRI_ANNISA_AGUSTI_14053039_5173_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Reciprocal teaching merupakan model pembelajaran yang terdiri dari empat strategi yaitu menyimpulkan materi pelajaran, menyusun pertanyaan, menjelaskan dan memprediksi. Penggunaan reciprocal teaching ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dalam peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 6 Padang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan anailisis inferensial uji t dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan kemandirian siswa yang menggunakan model konvensional. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model konvensional. 3) Penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching tidak cukup efektif dalam peningkatan kemandirian belajar siswa. Nilai effect size yang diperoleh terhadap kemandirian belajar 0,23 yang termasuk dalam kriteria rendah. Jika di lihat persentase berdasarkan kurva normal 0 ke Z dapat diperoleh angka sebesar 0,0948, artinya kontribusi model pembelajaran reciprocal teaching dalam peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 9,48%. Namun penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching efektif digunakan dalam peningkatan hasil belajar siswa, hal tersebut terlihat berdasarkan perhitungan effect size maka didapatkan angka sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi. Apabila di lihat persentasenya berdsarkan kurva normal 0 ke Z di dapatkan angka sebesar 0,2711, artinya kontribusi model pembelajaran reciprocal teaching dalam peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 27,11%. Dalam menggunakan model reciprocal teaching guru hendaknya memiliki waktu yang banyak dan siswa diharapkan untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam mencari informasi terkait mata pelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:22
Last Modified: 28 Jul 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32547

Actions (login required)

View Item View Item