Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X Di SMKN 1 Padang Panjang.

Novira, Ranti (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X Di SMKN 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_01_RANTI_NOVIRA_14053017_5169_2018.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Hal ini disebabkan karena guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran. Pembelajaran masih banyak berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, kurang termotivasi untuk belajar dan masih ada siswa yang takut untuk bertanya dan menyampaikan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Umum dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTP) 2 di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian tindakan Arikunto, yang dilaksanakan pada dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTP) 2 di SMK Negeri 1 Padang Panjang tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes objektif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar mata pelajaran Administrasi Umum pada siklus I adalah 76,88 dengan persentase ketuntasan siswa adalah 62,5%. Sedangkan rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada siklus II adalah 77,38 dengan persentase ketuntasan siswa adalah 78,13%. Jadi dapat dikemukakan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Administrasi Umum kelas X di SMK Negeri 1 Padang Panjang adalah meningkat. Dan disarankan kepada guru di SMK Negeri 1 Padang Panjang sebaiknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sebagai model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran Administrasi Umum karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jul 2021 03:22
Last Modified: 28 Jul 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32542

Actions (login required)

View Item View Item