Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Payakumbuh.

Yusrida, Hafizah (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HAFIZAH_YUSRIDA_15053106_4158_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pengaruh kecerdasanemosional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel kelas XII BDP SMKN 1 Payakumbuh, (2) Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel kelas XII BDPSMKN 1 Payakumbuhdan (3) Pengaruhkecerdasanemosionaldankomunikasi interpersonal terhadap hasilbelajar siswa pada mata pelajaran pengelolaan bisnis rite lkelas XII BDP SMKN 1 Payakumbuh. Jenis Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif dan asosiatif dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas X IIjurusan BDP yang berjumlah 84 orang. Sampel penelitian berjumlah 84 orang atau diambil keseluruhan populasi, karena populasi tidak sampai 100 orang dengan teknik Total Sampling.Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden, sedangkan data sekunder yaitu nilai MID semester ganjil siswa kelas XII BDP SMKN 1 Payakumbuh tahun ajaran 2019/2020.Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dan analisisinferensial dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Penelitian ini mendapatkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran pengelolaan bisnis ritel kelas XII Bisnis Daring danPemasaran SMKN 1 Payakumbuh. Penelitian ini juga mendapatkan hasil adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Payakumbuh. Penulis berharap guru dapat selalu membantu siswa dalam mengontrol emosi di dalam kelas dan dapat mengajarkan cara berkomunikasi yang baik antar sesame siswa di dalam kelas, karena dengan kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal yang baik akan meningkatkan hasil belajar siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:38
Last Modified: 23 Jul 2021 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32448

Actions (login required)

View Item View Item