Pengembangan Mobel Learning untuk Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK N 1 Singkarak.

Amir, Hazira Fakhrurrozi (2020) Pengembangan Mobel Learning untuk Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK N 1 Singkarak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_HAZIRA_FAKHRURROZI_AMIR_16138142_4006_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah platform pembelajaran valid, praktis dan efektif yang dapat menunjang siswa agar bias belajar di mana saja. Penelitianinimenggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahap definisi, perencanaan, pengembangan dan penyebaran. Subjek penelitian adalah kelas X SMKN 1 Singkarak. Data diperoleh dengan memberikan pretest dan post test kepada siswa untuk menguji efektifitas media pembelajaran dengan melihat hasil ketuntasan dan perbandingan hasil pretest dan post test, angket digunakan untuk memperoleh uji validitas yang dilaksanakan oleh ahli dan guru mata pelajaran serta angket praktikalitas diberikan kepada guru dan siswa. Pengembangan dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Pendifinisian dilaksanakan untuk memahami bagaimana proses pembelajaran secara umum yang dilakukan dengan wawancara, menganalisis kebutuhan, siswa dan analisis tugas. Perancangan dilaksanakan dengan memperhatikan ketercapaian materi dan konten yang telah disesuaiakan dengan analisis yang telah dilakukan sebelumnya. Pengembangan dilaksanakan dengan Android Studio dan Version Controlling yaitugithub. Penyebaran mobile laearning keplaystore disertai dengan version controlling dengan memanfaatkan github. Mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMKN 1 Singkarak belum memiliki penunjang selain buku teks dan modul Subjek uji coba dalam penelitian ini siswa kelas X tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah sebanyak 31orang. Intrumen yang digunakan adalah instrument tes dan angket. Metode yang penelitian yang digunakan adalah pre-experimental. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis statistic deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ketuntasan klasikal mencapai 90%.. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil penilaian baik dari guru maupun siswa menunjukan bahwa mobile learning pada matapelajaran simulasi dan komunikasi digital dapat dikategorikan sangat praktis, danefektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > GT Technology (general)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:38
Last Modified: 23 Jul 2021 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32447

Actions (login required)

View Item View Item