Pengembangan Model Pelatihan Membatik Transformasi Ukiran Minangkabau menjadi Desain Batik Berbasis Budaya Lokal (Batransbumi).

Muharramsyah, Rambang (2020) Pengembangan Model Pelatihan Membatik Transformasi Ukiran Minangkabau menjadi Desain Batik Berbasis Budaya Lokal (Batransbumi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAMBANG_MUHARRAMSYAH_15169049_4154_2020.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kondisi yang ada, diketahui akar permasalahan dibidang produksifitas batik khas Minangkabau dalam bentuk desain transformasi ukiran rumah gadang menjadi produk batik, di karenakan kurangnya tenagakerja yang berpotensi kreatif dan inovatif dalam membatik dengan mentransformasi ukiran Minangkabau menjadi desain motif batik yang menjadikan cirri khas batik Minangkabau. Sehingga kondisi ini mengakibatkan kualitas sumberdaya masyarakat menjadi rendah. Untuk meningkatkan kualitas sumberdaya masyarakat di Sumatera Barat diselengarakan kegiatan pelatihan membatik. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pelatihan tersebut yaitu pelestarian budaya Minangkabau. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan.Model pelatihan dikembangkan dengan menggunakan four-D models. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba produk yang dikembangkan. Rancangan model pelatihan yang telah didesain, divalidasi oleh empat orang pakar kemudian di ujicoba di Gallery Alam Takambang, Padang Lua, Sumatera Barat, untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas produk pelatihan yang dikembangkan. Dihasilkan Model Pelatihan Membatik Transformasi Ukiran Minangkabau menjadi Desain Batik Berbasis Budaya Lokal (Batransbumi) sebagai upaya pelestarian Budaya Lokal yang valid. Berdasarkan uji coba yang dilakukan di Gallery Alam Takambang, diketahui keterlaksanaannya berada pada kategori sangat praktis. Responin struktur dan responpe serta pelatihan setelah menggunakan model Pelatihan Membatik Transformasi Ukiran Minangkabau menjadi Produk Batik Berbasis Budaya Lokal (Batransbumi) yang dikembangkan menunjukkan hasil yang positif dengan rata-rata respon sangat sesuai. Hasil pengamatan aktivitas peserta tinggi.Penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikomotor menunjukkan hasil yang baik.Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan tiga produk pelatihan berupa 1) buku model pelatihan, 2) buku petunjuk penggunaan buku model pelatihandan 3) modul pelatihan yang valid, praktis dan efektif.Kesimpulan penelitian adalah Model Pelatihan Membatik Transformasi Ukiran Minangkabau Menjadi Desain Batik Berbasis Budaya Lokal (Batransbumi) dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jul 2021 01:18
Last Modified: 23 Jul 2021 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32442

Actions (login required)

View Item View Item